SIDANG PERDANA UMP 2022 DKI JAKARTA, 2 PERUSAHAAN BATAL GUGAT ANIES

Jakarta, aspekindonesia.com | Rabu, 26/01/22 Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK INDONESIA) bersama kawan kawan yang tergabung didalam serikat pekerja/buruh yang tergabung didalam Koalisi Buruh Jakarta (KBJ) mengawal sidang perdana Gugatan revisi UMP DKI Jakarta tahun 2022 yang dilayangkan APINDO DKI Jakarta di PTUN DKI Jakarta.

Encep Supriyadi selaku wakil presiden ASPEK Indonesia bidang Jaminan Sosial dan Pengupahan mengatakan Apindo DKI Jakarta secara resmi telah menggugat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan karena merilis Pergub 1517 yang merevisi UMP DKI Jakarta tahun 2022, dari semula yang naik 0,85 persen menjadi 5,1 persen.

Gugatan ini tertuang dalam perkara PTUN nomor 11/G/2022/PTUN.JKT. Selain Apindo, juga ada dua perusahaan yang melayangkan gugatan serupa, yakni PT. Edico Utama dan PT. Centex. Namun dengan pertimbangan dan alasan internal, PT. Centex mencabut surat keberatan atas keputusan Gubernur tersebut dan surat kuasa khusus yang sudah dikirim ke APINDO DKI Jakarta.

Dedi Hartono Dewan pengupahan Provinsi DKI Jakarta unsur serikat pekerja (ASPEK Indonesia) menjelaskan PT. Centex dan PT. Edico Utama melakukan pencabutan surat keberatan atas keputusan Gubernur Tersebut dan disampaikan didalam persidangan perdana dan mencabut surat kuasa khusus kepada APINDO DKI Jakarta.

Kami dari pihak serikat pekerja/buruh dimungkinkan menjadi TERGUGAT Intervensi dalam kasus ini dan kami siap akan hal itu.

Sidang lanjutan akan di lakukan pekan depan dengan pemeriksaan pemberkasan kembali dari pihak APINDO yang meminta waktu dalam sepekan ini untuk memungkinkan perusahaan-perusahaan lain ikut masuk sebagai penggugat.

Sementara itu Dedi Hartono sebagai dewan pengupahan menghimbau kepada seluruh perusahaan di DKI Jakarta untuk menjalankan Keputusan Gubernur No.1517 tahun 2021 untuk upah minimum provinsi DKI Jakarta sebesar Rp. 4.641.854 tahun 2022. dan kepada perusahaan yang tidak mampu diberikan kesempakatan untuk menggunakan UMP DKI sebesar Rp.4.453.935 dengan syarat yang telah di atur dalam Surat Keputusan Kepala Disnaker.

ASPEK Indonesia sebagai salah satu Federasi Serikat Pekerja terbesar di DKI Jakarta akan mengawal implementasi pelaksanaan UMP DKI Jakarta tahun 2022 dan memastikan afiliasi Aspek Indonesia mendapatkan manfaat dari kenaikan UMP DKI tahun 2022.(TM/RS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*