Rapat Kerja I ASPEK Indonesia 2019

Rapat kerja ASPEK Indonesia yang berlangsung di gedung Corporate University United Tractors(dok Media ASPEK)

Di penghujung tahun 2019, Federasi ASPEK Indonesia melaksanakan Rapat Kerja Nasional yang bertepat di Gedung Corporate University United Tractors, Jalan Raya Bekasi KM 22, di ruangan Explore 1&2 Lantai empat, para pimpinan dan juga Pengurus Pusat ASPEK Indonesia hadir untuk pembahasan garis besar haluan organisasi ASPEK Indonesia. Hadir Presiden ASPEK Indonesia, Ibu Mirah Sumirat SE di dampingi wakil presiden, Edi Sarwono yang merupakan Direktur Human Capital PT United Tractor.

Ada beberapa point yang menjadi titik pembahasan rakernas dan ini merupkan strategi mewujudkan tata kelola organisasi dan juga tujuan organisasi. Acara di buka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan di lanjut dengan Mars ASPEK Indonesia, dalam kata sambutan dari perwakilan management PT United Tractors, Edi Sarwono menyatakan bahwa hubungan industrial yang baik adalah saling memberi rasa dan juga komunikasi, itu telah dilakukan PT United Tractors.

Dalam Rakernas yang berlangsung setengah hari ini, ada cakupan dan juga resolusi dan strategi perjuangan federasi ASPEK Indonesia dalam empat tahun ke depan yakni kemandirian organisasi, pengkadran yang meliputi rekrutmen serta pengembangan organisasi. Selain itu federasi juga memberikan advokasi kasus yang terjadi pada anggota. Pada hakikatnya perjuangan sebuah serikat pekerja adalah mewujudkan pekerjaan yang layak, upah layak, sebuah kepastian tentang jaminan sosial bagi pekerja dengan kualitas yang layak, hubungan industrial yang setar dan juga yang penting adalah melindungi pekerja itu sendiri.

 Rakernas di bahas tentang target yang ingin di wujudkan pasca hasil kongres di bulan Juli 2019 yaitu bertambahnya keanggotaan ASPEK Indonesia menjadi dua ratus ribu anggota, rakernas ASPEK Indonesia membahas tentang skema iuran satu persen per anggota di tiap serikat pekerja yang berafliasi dengan ASPEK. Di era kekinian ketika arus informasi begitu deras, perlu juga sebuah feferasi serikat pekerja memiliki wadah untuk perjuangan di era milenium, apalagi saat ini informasi bisa muncul setiap saat, Rakernas ASPEK membahas uga tentang website perjuangan yang nantinya menjadi penyebar informasi yang akurat dan juga berwibawa.

Komitmen untuk melaksanakan Garis Besar Haluan Organisasi(dok:Media ASPEK)

Saat ini ASPEK Indonesia di kenal sebagai organisasi pekerja yang mengedepankan sosial dialog, perlu konsep serta kajian yang komprehensif agar isu perjuangan tetap fokus, konsolidasi anggota sangat di perlukan. Lobby dan dialog merupakan upaya strategi perjuangan yang mengedepankan win win solution. Semoga dalam pembahasan pembahasan yang dilakukan bukanlah retorika, karena langkah konkret memang sangat di perlukan oleh anggota. Rakernas bukan melulu untuk menggugurkan kewajiban dari amanah hasil kongres, namun tindakan nyata untuk melaksanakan garis besar haluan organisasi ASPEK Indonesia merupakan keniscayaan.

Ada kegairah baru yang nampak dari pimpinan Federasi ASPEK Indonesia menatap situasi dan perkembangan serikat pekerja di Indonesia, semoga dengan dilaksanakannya agenda Rakernas yang di adakan di gedung Corporate University PT United Tractors menjadi titik awal dari semangat perjuangan yang terinspirasi dari para pejuang di tanah air yang tak kenal lelah mengusir penjajah. Hasil hasil dari Rakernas ini nantinya akan memberi manfaat bagi para serikat pekerja yang berafliasi dengan ASPEK Indonesia dan tentu saja adalah muaranya dengan sejahtera kaum buruh yang selama ini peranannya terasa di nafikan oleh negara dengan konsep upah murah, selamat dan sukses untuk Federasi ASPEK Indonesia yang melaksanakan Rapat Kerja Nasional, Berjuang, Bersatu, Sejahtera!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *