Kiitos Sis Mari Taivainen

Menyambut Sis Mari di Bandara Soeta(dok tim media ASPEK)

Jakarta, aspekindonesia.com│ASPEK Indonesia mendapat kehormatan dengan kunjungan Sis Mari Taivainen dari PAM Finland, satu kata untuk aktifis buruh negara Skandinavia, “Kiitos” atau secara harfiah dalam bahasa Indonesia sepadan dengan kata Terima kasih, penting mengucapkan kosa kata ini untuk Mari Taivainen yang selama sepekan berada di Jakarta.

Sis Mari dan Bro Marlon saat berada di sekret ASPEK (dok tim media ASPEK Indonesia)

Dari tanggal 14 September hingga kepulangannya di hari Jum’at pada tanggal 20 September. Pengurus PAM Finland dengan jabatan International Affairs ini telah banyak melakukan pertemuan dan juga berbagi pengalaman tentang tata kelola organisasi.

Ramah tamah dengan petinggi KSPI (dok tim media KSPI)

Bertemu dengan petinggi KSPI, bertatap muka dengan karyawan SP Tip Top, SP Hero Super Market, SP Mall Taman Anggrek, berdiskusi dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Kesemua kegiatan sis Mari dan juga Bro Marlon dari SASK Finland tentu sangat berharga.

Kunjungan ke SP Hero Supermarket(dok tim media ASPEK Indonesia)

Ada banyak cerita tentang keberhasilan PAM Finlandia untuk mensejahterakan anggotanya meski jalan menuju arah kesana di butuhkan waktu yang tidak pendek. ASPEK Indonesia sebagai federasi pekerja yang selama ini dikenal konsen dalam urusan serikat pekerja sektor jasa mendapatkan ilmu berharga.

Kunjungan sis Mari dari PAM Finland merupakan pertukaran pengalaman yang nantinya menjadi satu tolak ukur bahwa ASPEK pun seyogyanya layak menjadi federasi yang mandiri secara finansial dengan sumber daya manusia dan sumber daya keuangan sehingga menjadi federasi yang disegani.

Salah satu yang turut mendampingi kehadiran sis Mari adalah Wakil Presiden bidang Pengupahan & Jamsos, Bro Encep mengatakan senang bisa sepekan terakhir bersama dengan miss Mari, semoga ini akan memberikan dampak positif bagi ASPEK Indonesia dalam mengelola sumber daya manusia di tubuh organisasi.

PAM Finlandia dengan jumlah keanggotan 200 ribuan merupakan organisasi pekerja yang segani di negara Finlandia. Bahkan petinggi negeri yang terkenal dengan fenomena alam bernama Aurora ini berasal dari serikat pekerja.

Semoga dengan kunjungan sis Mari dari PAM Finlandia menjadi catatan penting bagi ASPEK Indonesia untuk mengelola sumber daya manusia dan sumber daya keuangan agar menjadi federasi yang mandiri dan juga diperhitungkan.(TM/TI)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *