SEKAR JICT; “Bergabung ke ASPEK Indonesia Karena Prinsip Dialog Sosial”

Jakarta, aspekindonesia.com│Kamis (20/11) Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) memiliki anggota baru, dengan bergabungnya Serikat Karyawan (Sekar) PT Jakarta International Container Terminal (JICT). Surat permohonan berafiliasi ke ASPEK Indonesia diantar langsung oleh Pengurus Sekar JICT, pada tanggal 20 Oktober 2020 ke kantor Dewan Pimpinan Pusat ASPEK Indonesia di jalan Kebagusan Jakarta Selatan.

Suwandi selaku Ketua Umum Sekar JICT menyampaikan beberapa alasan mengapa Sekar JICT memutuskan bergabung menjadi anggota ASPEK Indonesia.

Suwandi mengatakan, ada visi misi perjuangan ASPEK Indonesia yang sangat sejalan dengan visi misi Sekar JICT, yaitu memperjuangkan anggota dengan mengedepankan prinsip dialog sosial. Selain itu karena Sekar JICT menilai bahwa memperkuat dan memperluas jaringan organisasi ke tingkat federasi dan konfederasi adalah menjadi keniscayaan yang harus dilakukan oleh Sekar JICT. Federasi ASPEK Indonesia tidak saja mempunyai jaringan di tingkat nasional, namun juga di tingkat internasional, sebagai anggota UNI Global Union.

Suwandi saat pendaftaran didampingi oleh Sekretaris Jenderal Sekar JICT, Mufti, dan Ketua 2 Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Infokom, Aris Hikmat Rajab. Suwandi mengungkapkan, harapan Sekar JICT kepada federasi ASPEK Indonesia antara lain ingin mendapatkan sharing kwoledge dan experience dari ASPEK Indonesia, sehingga dapat membantu memperkuat organisasi Sekar JICT. Selain itu Suwandi juga berharap Sekar JICT dapat terlibat aktif dan memberikan kontribusi terbaik melalui ASPEK Indonesia, bagi gerakan serikat pekerja secara nasional dan internasional.

Mirah Sumirat, Presiden ASPEK Indonesia menyambut baik keinginan Sekar JICT untuk bergabung menjadi anggota ASPEK Indonesia. Hal ini disampaikan Mirah Sumirat saat melakukan kunjungan balasan ke sekretariat Sekar JICT pada 20 November 2020 di Tanjung Priok Jakarta Utara.

Mirah Sumirat yang saat kunjungan balasan didampingi Sabda Pranawa Djati selaku Sekretaris Jenderal ASPEK Indonesia dan Eri Wibowo, Wakil Sekretaris Jenderal ASPEK Indonesia, menegaskan bahwa pada prinsipnya ASPEK Indonesia sangat terbuka terhadap keinginan dan harapan Sekar JICT untuk bisa bersama-sama berjuang dalam memperkuat organisasi, baik untuk Sekar JICT maupun untuk ASPEK Indonesia. Kekuatan serikat pekerja sesungguhnya ada pada kekuatan anggota, komitmen pengurus dan luasnya jaringan yang dimiliki. Mirah juga berjanji bahwa ASPEK Indonesia akan memberikan training di bidang ketenagakerjaan yang dibutuhkan oleh pengurus dan anggota Sekar JICT. Harapannya, Sekar JICT tidak saja mampu memperkuat internal organisasinya, namun juga mampu mewarnai gerakan serikat pekerja di Indonesia demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, pungkas Mirah.(TM/SPD)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*