Bahagianya Dapat Rapelan Di Masa Pandemi

Pengurus SKARTITO ketika berada di Disnaker Bandung(dok tim media ASPEK)

 

Ke  Bandung euy, kota Kembang itupun menjadi Kota kebanggaan karena harum dan wanginya, istilah itu dapat kita rasakan ditengah padatnya kota dan perbatasannya terutama Kota Depok yang terletak dipinggiran kota Jakarta.

Terlihat senyum kebahagiaan di bibir Ketua DPC Depok Aspek Indonesia Bpk. Hary Defiansyah saat memberikan keterangan tentang perjalanan serta perjuangan UMSK Depok tahun 2020. Beliau mengatakan “Kebahagiaan kami (pengurus) adalah ketika melihat teman-teman senang dan tersenyum saat rapelan UMSK Depok diterima, karena tanpa doa dan dukungan dari mereka, mungkin kami sudah menyerah, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 ini.

Segala aktifitas dibatasi, ruang lingkup untuk menemui para pimpinan sangat disiplin. Dengan menemui beberapa hambatan selama 6 (bulan) terakhir, Kami akhirnya menerima apa-apa yang menjadi hak-hak teman-teman semua, terutama UMSK Depok.

Dalam kesempatan berbeda ketika ditemui di tempat kerja Sdr. Hary Defiansyah yaitu TIP-TOP cabang Depok, beliau mengajak rekan-rekan untuk ikut memberikan penjelasan dan rasa terima kasih kepada para pengurus. Yaitu Sdr. Pujo menambahkan “Saya mewakili teman-teman TIP-TOP cabang Depok mengucapkan terimakasih kepada pengurus DPC Depok Aspek Indonesia dan juga DPP SKARTITO yang telah memperjuangkan hak kami sebagai Pekerja dengan menerimanya Rapelan pada bulan ini, HIDUP BURUH” teriak Sdr. Pujo bersemangat.

Penerimaan rapelan yang dimaksud adalah dengan keluarnya peraturan Gubernur Jawa Barat No 561/kep.409 Yabangsos/2020
tentang Upah minimum sektoral kota Depok tahun 2020 dan Surat Keputusan Walikota Depok, dan sektor Retail ada didalamnya tertanggal 1 Januari 2020 maka upah sebelum UMSK 2020 perhitungan didasari dengan UMK tahun 2020. Dan Selisihnya UMK dan UMSK dinamakan Rapelan yang dibayarkan perusahaan TIP-TOP Swalayan dan Departemen Store kepada karyawannya pada bulan atau gaji bulan September 2020, khususnya cabang Depok.

Melihat suasana gembira saat ini, bukan berarti kita terlena dan hanyut dalam kesenangan sesaat. Tantangan kedepan lebih berat dan perlu diperhitungkan yaitu “saat pandemi sekarang banyak Korban PHK berjatuhan, dan pembahasan RUU OMNIBUS LAW yang bisa saja diketuk palu oleh DPR” Sdr. Sulaiman Sahlani Ketua DPC SKARTITO cabang Depok mengajak untuk fokus dan terus Istiqomah dalam perjuangan.

Ya, Harum dan wanginya Kota Kembang itu dapat terasa sampai ke Kota Depok sekarang. Kembang itu bernama RAPELAN!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *